Hukum

Sederet Prestasi Gemilang Kapolda Banten

Jakarta – Mantan ajudan Presiden Joko Widodo, Brigjen Pol. Listyo Sigit Prabowo sudah setahun sudah menjabat Kapolda Banten. Mantan Kapolres Solo saat Jokowi menjabat Walikota itu merupakan jenderal pertama di antara lulusan Akademi Kepolisian angkatan 1991.

Semenjak kehadirannya dalam memimpin Kepolisian di Banten, masyarakatnya bisa merasakan adanya polisi yang mengayomi, membangkitkan berbagai budaya yang ada tanah Jawara ini.

Aktivis 98 tergabung dalam Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia (Jari 98) mengaku ikut merasakan sisi humanis Kapolda Banten yang bisa lebih dekat dengan para tokoh masyarakat, termasuk ulama, untuk menjaga ketenangan wilayahnya.

“Warga Banten sangatlah bersyukur dengan kehadiran sosok Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo karena mampu berdialog dengan tokoh-tokoh masyarakat, terutama ulama, agar situasi wilayahnya bisa lebih kondusif,” ungkap Ketua Presidium Jari 98 Willy Prakarsa, hari ini.

Disisi lain, lanjut Willy, Sigit juga dikenal sangat dekat dengan Suku baduy yang merupakan salah satu suku asli Banten dengan jumlah penduduk suku baduy sekitar 5000-8000 orang.

“Sangat jarang sekali menemukan figur seperti Pak Sigit ini. Selain cerdas, inovatif dengan berbagai program unggulan, beliau juga sangatlah menghargai ragam budaya yang unik dan suku bangsa yang beragam dan khas,” sebutnya.

Dia pun menyakini para ulama & para tokoh agama, muspika, ormas, LSM se Banten mengacungi jempol kinerjanya dalam menjalankan amanah di korps Bhayangkara. Berbagai penghargaan pun ditorehkan seperti penghargaan pin emas dari Mabes Polri atas partisipasinya sebagai Satgas 115 Illegal Fishing.

Tak hanya itu, dibawah kepemimpinannya Polda Banten memberangkatkan lima orang untuk menjalankan ibadah umroh ke tanah suci. Penghargaan lainnya juga diberikan apresiasi oleh Mabes Polri terhadap kinerja penyidik Polda Banten di Sentra Gakkumdu yang berhasil terbaik se-Indonesia dan memberikan pelayanan pengamanan yang dalam rangka mewujudkan Pilkada bersih, aman dan lancar.

“Dibawah kepemimpinan Pak Sigit, luar biasa sekali, Polda Banten jadi nomor satu Sentra Gakkumdu seluruh Indonesia,” kata dia.

Willy juga mengakui keberhasilan Polda Banten dalam pengamanan HUT TNI ke 72 di Cilegon juga pengamanan Presiden Joko Widodo yang ikut hadir dalam acara tersebut. Selain itu, memberikan pengamanan ekstra ketat guna kelancaran orang nomor satu di Indonesia yang mengunjungi wilayah Banten.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar dan sukses atas rangkaian acara dan kedatangan Jokowi ke Provinsi Banten,” pungkasnya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
%d bloggers like this: