News

Pertemuan Antar Tokoh, Minimalisir Konflik Papua Wujudkan NKRI Bersatu

Jayapura – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Jayapura menggelar silaturahmi antar tokoh Papua, Senin (23/9). Acara Silaturahmi dengan tema “Wujudkan Papua Sejahtera Bersama NKRI” menghadirkan Tokoh Muda Papua dan Pengamat Politik dan Budaya sebagai narasumber serta diikuti peserta dari kalangan Mahasiswa dan Aktivis Papua.

Pada kesempatannya, Dr. Eko Siswanto, MH.I sebagai Pengamat Politik dan Budaya mengajak para peserta untuk bersama-sama menciptakan kesejahteraan di tanah Papua mulai dari hal-hal yang kecil, yakni memandang setiap suku sama rata dalam aspek ekonomi, keadilan, dan keagamaan. 

“Saya yakin hal yang mustahil terjadi jika Papua keluar dari NKRI. Oleh karena itu, kita sebagai pemuda tidak boleh terjebak didalam dinamika ini, tidak boleh terjebak dari pemetaan bahasa, orang gunung, dan orang pantai. Kita perlu memberlakukan hukum yang adil agar tidak terjadi kekacauan-kekacauan ini khususnya di tanah Papua,” jelas Eko.

Selain itu, Eko mencontohkan dalam kehidupan sehari-hari masih menemui under estimate terhadap orang Papua. Dirinya memberikan budaya sederhana dalam kehidupan sehari-hari dalam merajut kerukunan antar suku.

“Budaya sederhana seperti tegur sapa itu penting untuk meminimalisir konflik atau rasa curiga dan juga sekat yang menghalangi dapat dilepaskan. Dan perlu diketahui, siapapun yang makan dan minum diatas bumi Papua maka mereka adalah orang Papua,” terang Pengamat Politik dan Budaya bergelar doktor tersebut.

Sementara itu, Bobby J.E. Awi sebagai tokoh muda Papua mengajak para pemuda Papua untuk mewujudkan Papua yang sejahtera dan benar sesuai Undang-Undang, sehingga seluruh masyarakat Papua dapat merasakan keadilan dan kesejahteraan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
%d bloggers like this: