Politik

Deklarasi Maminang Jokowi di Sumbar

Sumbar – Ratusan massa menggelar kegiatan jalan bersih bersama rakyat di sepanjang jalan GOR. H. Agus Salim dan deklarasi Maminang Jokowi di depan Masjid Raya Sumatera Barat, Sabtu (29/9/2018).

Korda Sumbar untuk Jokowi Connection Jobel Rifi Dasasius menyebutkan kearifan lokal pada masyarakat Minangkabau ini ditarik pada ranah politik yaitu dalam memilih pemimpin ada beberapa yang memperkuat keyakinannya untuk menetapkan Presiden Jokowi sebagai pemimpin Indonesia.

“Pertama, secara jelas agama Presiden Jokowi beragama Islam dan secara kasat mata kita melihat bahwa beliau dekat dengan kelompok Islam ditandai dengan meminta Ulama KH. Ma’ruf Amin sebagai penasehat yang mendampinginya sebagai Wakil Presiden,” ungkap Jobel.

Untuk diketahui, dalam Terminologi Masyarakat Minangkabau Maminang adalah proses penyampaian kehendak untuk mendekatkan diri dalam perkawinan dari kerabat matrilineal perempuan kepada kerabat matrilineal kerabat dari laki-laki.

Maminang adalah salah satu prosesi yang harus dilakukan sebelum melakukan pernikahan. Sebelum orang Minangkabau Baminantu ada beberapa hal yang sangat penting diperhatikan dalam menetapkan Jodoh diantaranya : Ke-Islamannya, asal-usul keturunan dan pekerjaannya.

Selanjutnya, tambah dia, Presiden Jokowi memiliki asal-usul yang jelas dari segi keturunan yaitu dari keluarga baik-baik yang beragama Islam.

“Yang tidak kalah penting Presiden Jokowi memperlihatkan kerja yang baik untuk untuk memajukan Indonesia,” ucap dia.

Meskipun, dia menyadari bahwasanya apa yang di janjikan Jokowi untuk memajukan Indonesia pada Pilpres 2014 yang lalu belum semua dapat di realisasikan dalam pemerintahannya. Tapi pihaknya percaya kerja keras yang di lakukan selama ini untuk menunaikan janjinya mensejahterakan rakyat Indonesia.

“Kami percaya perubahan tidak datang secara instan, perubahan butuh kerja panjang terencana,” ucap dia.

Kornas Jokowi Connection Frans Freddy menegaskan memilih Presiden Jokowi kembali adalah pilihan rasional karena bagi dia lebih baik melanjutkan sebuah pekerjaan dari pada mengulang kembali dari titik nol.

“Kami rakyat Indonesia bersama masyarakat Minangkabau ingin maminang Ir Joko Widodo menjadi Presiden RI untuk periode 2019 – 2024,” jelasnya.

Disela-sela acaranya, juga dilakukan aksi bersih-bersih sampah yang ada dijalan sepanjang GOR H. Agus Salim sampai Masjid Raya Sumatera Barat.

“Kegiatan ini mengandung makna bahwa Presiden Jokowi telah bekerja dengan bersih dan nyata bersama rakyat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, diwaktu yang sama juga digelar acara deklarasi #2019PrabowoPresiden di Hotel Imelda Kota Padang yang dihadiri oleh Fadli Zon, Neno Warisman dan Andre Rosiade.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
%d bloggers like this: