banner 728x250
News  

Aktivis KNPI & Ketua GPI Merauke Sambut Baik dan Dukung Penuh DOB Papua Selatan

banner 468x60

Papua – Dukungan Pemekaran DOB Papua terus mengalir, kini giliran Tokoh Aktivis sekaligus Ketua KNPI Merauke Simon Petrus Balagaise yang menegaskan bahwa KNPI tegak lurus garis komando dari pusat, selalu berdampingan dengan pemerintah. Pihaknya mendukung sepenuhnya program DOB Papua Selatan.

“Tetapi perlu saya sampaikan juga bahwa realita di Merauke ini masih ada segelintir kaum muda yang tergabung dalam OKP yang tidak setuju DOB namun tidak diberikan mediasi tapi justru ditekan oleh aparat supaya tidak muncul,” kata Simon, hari ini.

banner 325x300

Ia khawatir jika dibiarkan ini akan menjadi penyulut dendam di kemudian hari. Oleh karenanya perlu dilakukan mediasi untuk diberikan solusi.

“Intinya kami kaum muda ingin didengar, jangan dihalangi,” ucapnya.

Oleh karena itu, lanjut Simon, pembentukan PPS membuat besar harapan para OKP mendapat perhatian dari pemerintah baru nantinya. Sifat anak muda adalah dinamis dan ingin berkreasi maka pihaknya minta difasilitasi oleh pemerintahan Provinsi baru.

“Selama ini KNPI dan OKP lainnya sudah sangat bagus komunikasi dan kerjasama dengan Provinsi, Polda dan TNI, semoga tetap terjalin bagus setelah terbentuknya PPS,” jelasnya.

Sementara itu, Pendeta Victor Jelira selaku Ketua GPI Merauke sekaligus anggota FKUB Merauke mengaku telah lama menginginkan terbentuknya Provinsi Papua Selatan (PPS). Perhatian dari Pemda Provinsi Papua terhadap kehidupan beragama di wilayahnya (Merauke) dinilai sangat minim.

“Tugas kami melayani umat sampai ke pelosok-pelosok sangat merasakan infrastruktur yang kurang memadai. Jalan, jembatan, rumah dan bangunan perkampungan sangat terpencil dan miskin. Umat tidak bisa datang ke kami. Jadi kamilah yang mendatangi umat,” bebernya.

Ia melanjutkan memang ada sebagian umat yang tidak peduli dengan DOB karena menurutnya itu untuk orang kota saja, bukan untuk mereka. Namun pihaknya mendatangi mereka memberikan pengertian bahwa program DOB justru untuk mereka, akan dibangun jalan dan jembatan serta pusat ekonomi baru yang dekat dengan mereka. Sehingga mereka menjadi mudah memasarkan hasil kebun, hasil tani dan kerajinan supaya menjadi sejahtera.

“Kami yakin pemerintah bertujuan baik, dengan terbentuknya PPS nanti akan memberikan dampak yabg bagus buat kami di Papua Selatan. Dana Otsus akan dirasakan oleh masyarakat kecil melalui pembangunan infrastruktur, peningkatan ekonomi dan pendidikan,” tukasnya.

banner 325x300
banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published.