banner 728x250
News  

Tokoh Pemuda Biak Papua DIY : Otsus & DOB Harus Didukung Demi Papua Sejahtera

banner 468x60

Jogja – Tokoh Pemuda Biak Papua DIY Jhon Telis Msen menilai tujuan dari Daerah Otonomi Baru (DOB) dan Otonomi Khusus (OTSUS) jelas adalah kesejahteraan masyarakat, dan pada dasarnya memperpendek jangkauan dari pemerintahan, mendekatkan pusat pemerintahan kepada masyarakat untuk pembangunan.

“Daerah Otonomi Baru (DOB) dan Otonomi Khusus (Otsus) di Papua merupakan salah satu alternatif dalam upaya mengoptimalkan program Otonomi Khusus (Otsus) di Papua. Kami dan adik-adik saya mahasiswa di Yogyakarta mendukung keberadaan DOB karena kami nilai akan semakin memajukan masyarakat Papua di banyak sektor,” tegas Jhon Telis, hari ini.

banner 325x300

Menurutnya, keterbatasan tiada dukungan materi bagaimana menyuarakan dukungan ini dan hal yang akan di lakukan secara tidak langsung mendapat lawan dari oposisi yang menolak Daerah Otonomi Baru (DOB) dan Otonomi Khusus (OTSUS) yang berdomisili di Yogyakarta.

“Dukungan Daerah Otonomi Baru (DOB) dan Otonomi Khusus (OTSUS) dari berbagai latar belakang merupakan kebulatan sikap dan komitmen dari Masyarakat di Papua dan Papua Barat yang menginginkan adanya pemekaran dalam bentuk DOB dan Otsus,” sebutnya.

Dikatakannya, Daerah Otonomi Baru (DOB) dan Otonomi Khusus (OTSUS) diselenggarakan atas dasar Nomor 2 Tahun 2021 yang merupakan perubahan kedua atas UU No. 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua. Peraturan ini lahir dengan pertimbangan untuk melindungi harkat martabat, serta memberi afirmasi kepada Orang Asli Papua (OAP).

“Peraturan ini juga sebagai dasar hukum untuk meningkatkan percepatan pembangunan kesejahteraan dan peningkatan kualitas pelayanan publik di wilayah Papua,” sambungnya.

Dia menambahkan, pelaksanaan Daerah Otonomi Baru (DOB) dan Otonomi Khusus (OTSUS) di Papua adalah bentuk pemberian kepercayaan dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah di Papua untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarasa sendiri.

banner 325x300
banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published.